Apa itu ABAP ?

Ditulis oleh Kang Yayan (http://www.komputer-teknologi.net/)

ABAP adalah salah satu bahasa pemrograman generasi keempat (4GL) pertama kali dikembangkan pada tahun 1980an. Pada awalnya diperuntukan sebagai bahasa untuk laporan (Report language) khusus untuk SAP R/2 (Sistem SAP yang jalan di komputer mainframe) yang merupakan platform yang memungkin perusahaan besar mengembangkan aplikasi bisnis untuk logistik dan keuangan.

ABAP sebelumnya diambil dari singkatan dalam bahasa Jerman Allgemeiner Berichts aufbereitungs prozessor yang dalam bahasa Inggris berarti generic report preparation processor, yang kemudian berubah namanya menjadi Advanced Business Application Programming.

ABAP adalah bahasa pemrograman pertama yang memasukkan konsep Logical database (LDBs), yang memberikan abstraksi tingkat tinggi dari database tingkat dasar (dikenal pada manajemen sistem database). Pada awalnya ABAP diperuntukan bagi pengguna biasa (end-user) sehingga dapat memanipulasi datanya sendiri, akan tetapi bahasa pemrograman generasi keemapat ini (4GL) sangat kompleks untuk pengguna biasa, sehingga kemampuan programman yang cukup masih diperlukan untuk membuat program ABAP.

ABAP saat ini digunakan sebagai dasar pembuatan aplikasi client-server SAP R/3. SAP pertama kali meluncurkan produk R3 tahun 1992.
Perkembangan teknologi computer client-server yang terus melaju dengan pesat sepanjang tahun 1990an, banyak sekali aplikasi SAP dikembangkan menggunakan bahasa ABAP, hingga tahun 2001 saja hampir semua fungsi-funsi dasar system SAP R/3 ditulis dalam bahasa ABAP.
Tahun 1999 SAP meluncurkan Object Oriented Extention atau perluasan bahasa Object Oriented untuk ABAP yang dinamakan ABAP Objects yang dikeluarkan bersamaan dengan SAP R/3 Release 4.5.

Platform pengembangan terkini yang dikenalkan SAP saat ini adalah NetWeaver yang mendukung ABAP dan Java.

Berdasarkan pengalaman penulis sebagai konsultan SAP, bahasa pemrograman ABAP ini akan tetap bertahan dan terus dikembangkan oleh SAP, bahkan ada kecenderungan SAP akan memasukkan fitur-fitur yang dimiliki bahasa Java kedalam ABAP, dengan menguasai bahasa pemrograman ABAP yang merupakan salah satu kunci mengenal sistem SAP dan tentu saja akan menambah manfaat yang besar khususnya di dunia pasaran kerja khususnya SAP yang saat ini masih memerlukan pakar teknologi informasi yang menguasai ABAP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: