Bahan2 Android

Dapur Android

Ada beberapa bahan yang setidaknya diketahui agar dapat membuat aplikasi android dan menikmatinya.
Activity
Adalah bahan android yang sangat terkait erat dengan apa yang ditampilkan oleh handset pada pengguna aplikasi. Setiap layout dari aplikasi android flownya ditentukan oleh activity.

Intent

Intent merupakan pemberi informasi. Intent memberikan informasi kepada aplikasi terhadap apa-apa yang terjadi terkait dengan handset seperti sdcard yang dimasukan, sms yang masuk, aplikasi yang dijalankan tinggal bagaimana kita meresponnya. Bisa saja kita melaunch activity yang lain atau cukup membrikan informasi pada kita sebagai pengguna bahwa kita sudah berjalan 100 m dari posisi sebelumnya😀 .

Content Provider

Bahan yang satu ini biasa digunakan untuk menyimpan data. Sebutti ah aplikasi bisa menggunakan data yang sa,a dari content provider yang dimiliki oleh aplikasi yang lain. Contoh sederhananya adalah android menyimpan settingnya handset seperti berapa volume, tingkat kecerahan/brightness, atau preference di dan aplikasi-aplikasi yang terinstall dapat menggunakan content provider tersebut.

Service

Jika Activity, Intent dan content provider memiliki kehidupan yang pendek :D  dan data mati kapan saja, maka tidak dengan service. Service diciptakan agar dapat hidup bebas independent tidak tergantung oleh activity dan dapat hidup lebih lama jika dibutuhkan.  Kita inggin tetap mendengarkan music meskipun kita menjalankan aplikasi yang lain atau UI dari pemutar music tersebut sudah tidak tampak. Untuk melakukan hal tersebut, maka diperlukan service.

Manifest

File manifest yang terleteak di root aplikasi merupakan bagian paling penting dari aplikasi android.  Hampir setiap bahan-bahan android musti terdaftar dalam file ini.  Disini juga harus difatrakan permission dari aplikasi jika aplikasi mengakses hal-hal yang sifatnya personal seperti mengakses GPS, network mereka harus tercatat dalam file ini.

Tagged: , ,

2 thoughts on “Bahan2 Android

  1. virtue January 12, 2010 at 8:47 am Reply

    maen android juga yah mas? pake sdk yg berapa?

  2. jokondo January 12, 2010 at 1:48 pm Reply

    iiya mas😀 , situ malah bukan hanya android😀 main iphone juga😀 . Pasti punya mac ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: