CCNA part 1

Saya lagi coba mereview networking. Kalo nanti kira-kira siap mo ikutan ujian. So, untuk numpahin unek-unek masalah networking, saya Coba review materi yang gua dapet dari kursus di BIT yang dah jalan selama 4 bulan ini. Sebagai permulaan ini tulisan saya yang pertama masalah networking.

Networking Brief

Sebagai pembukaan kita akan berkenalan dengan beberapa istilah dasar di dalam networking.

LAN, kita cukup akrab dengan istilalah ini. Local Area Network atau LAN istilah ini digunakan untuk jenis networking berdasar besarnya area yang dgunakan jika computer terhubung satu dengan yang lainnya dalam lingkungan yang terbatas, gedung misalnya atau ruangan, atau lantai atau bahkan pembatasnya adalah campus.

Kemudian ada juga MAN, Metropolitan Area Network, istilah yang digunakan untuk jaringan dalam sebuah kota.

WAN, Wide Area Network, adalah gabungan dari beberapa LAN. LAN dihubungkan melaui jalaur kabel atau wireless dalam sebuah kota aatau antar kota, negara atau benua.

Beberapa hal yang kita dapatkan dari networking adalah optimizing resources. Contoh kasus;

“Perusahaan AIT memiliki sebuah printer. Setiap staffnya memiliki kepentingan dengan printer tersebut. Akan sangat tidak efisien jika orang yang membutuhkan printer tersebut harus mencabut dan memasukan kabel printer ke komputernya. Maka networking menyelesaikan masalah ini sedemikian sehingga Printer itu dapat di gunakan bersama-sama”.

“Bank ABC memiliki nasabah di seluruh Indonesia. Bank menginnginnkan agar setiap transaksi yang dapat dilakukan dimanapun, cabang manapun atau ATM manapun. Bank menginginkan Data nasabah ini terkumpul dalam satau tempat sehingga data transaksi dapat sinkron. Networking membuat bisnis aplikasi bank dapat berjalan sesuai dengan keinginannya”.

Karena networking itu berkaitan dengan perangkat keras, harus menghapal beberapa perangkat keras yang di gunakan dalam networking.

NIC, Network Interface Card, adalah device yang digunakan untuk menghubungkan antara host dan media . NIC PC saat ini umumnya sudah memiliki NIC, embedded di dalamnya.

Data berpindag dari satu tempat ke tempat yang lain melalui media hantar. Secara umum cara perpindahan data tersebut ada yang melalui guided media atau unguided media.
Guided media saat ini media yang dapat digunkan adalah mellui media tembaga (kable tembaga) dan fiber optik.

Unguided media, tanpa menggunkan kabel atau wireless terbagi menjadi WLAN (terrestrial) dan Extra terrestrial (Satellite Communication).

Untuk jenis kable ada bebarap jenis ; UTP, STP, dan Coaxial. Yang akan sering kita temukan adalah UTP

Media optic terbagi menjadi dua, singlemode (cahaya yang dihantarkan berupa sinar laser) dan multimode (cahaya yang dihantarkan adalah cahay al yang berasal dari led).

Kita sambung nanti pada bagian dua yo… di tunggu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: